Gelorakan Budaya Baca, PC IPM Imogiri Bersama Tim PKMM UGM Inisiasi Angkringan Pintar

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) sebagai  gerakan diranah pelajar tentu memiliki tanggung jawab dalam upaya membentuk karakter  keilmuan generasi muda saat ini, termasuk menggelorakan kembali budaya membaca (iqra) di kalangan anak. Bermula dari ketersediaan akses baca di kalangan anak-anak di pedesaan yang terbatas, PC IPM Imogiri bersama Tim PKMM UGM yang terdisi dari Adit, Thaha, Arif, Nisa, dan Yusnia ini menginisiasi untuk membuat program Angkringan Pintar. Sebuah inovasi kreatif membumikan budaya baca di kalangan anak melalui perpustakaan keliling yang memiliki silabus pembelajaran yang tak menjemukan. Berbagai varian program dikemas dengan cara inovatif yang mana parameter keberhasilannya adalah meningkatnya budaya baca dikalangan anak-anak.



Mengambil konsep mobile  (keliling) dibuat untuk mewadahi kebutuhan membaca daerah Imogiri yang masih belum penuh tersentuh oleh layanan perpustakaan umum. Program yang ditawarkan sudah dijadwalkan dalam setiap minggunya jadi ada kejelasan dan kesinambungan. Program tak hanya di dalam ruangan saja, namun ada juga sesi yang mengambil latar tempat di alam sehingga anak tidak akan mudah bosan.Dalam jangka waktu ke depan Angkringan Pintar ini diharapkan menjadi salah satu sarana anak-anak dalam belajar secara informal sehingga mampu memperluas wawasan sehingga tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas. Ke depan, Program Angkringan Pintar ini dimungkinkan akan memperluas jejaring komunitas bacanya sehingga nantinya akan memberikan kemanfaatan lebih luas.

Untuk mendukung program ini, PC IPM Imogiri bersama Tim Angkringan Pintar terus membuka kesempatan pada pembaca untuk mendonasikan buku-buku dengan segmentasi anak-anak. Informasi lebih lanjut bisa membuka www.angkringanpintar.weebly.com atau hubungi 085743466968 (Adit)